Jenis Pencetakan T-Shirt

Screen-printing adalah salah satu jenis pencetakan t-shirt yang paling umum. Orang-orang yang menggunakan metode ini adalah individu dan usaha kecil untuk memproduksi kaos dalam batch khusus atau kecil. Melakukan pencetakan layar dengan biaya rumah sangat sedikit dan Anda tidak perlu banyak peralatan khusus. Dua metode lainnya adalah sublimasi dan transfer panas. Yang lebih sulit dari keduanya adalah sublimasi. Metode ini hanya boleh digunakan pada bahan sintetis seperti akrilik. Dari ketiga jenis proses pencetakan t-shirt perpindahan panas adalah yang paling mudah. Meskipun transfer panas lebih cepat daripada sablon, produk akhir mungkin tidak bertahan lama.

Layar-cetak

Bentuk pencetakan t-shirt ini dilakukan dengan layar mesh dan tinta yang secara khusus diperlakukan dengan bahan kimia yang akan memungkinkan gambar untuk dibakar ke dalam kaos. Layar dilapisi dengan substrat yang akan mengeras saat terkena cahaya. Gambar dicetak pada transparansi yang dapat ditempatkan di layar dan kemudian terkena cahaya. Hal ini menyebabkan substrat yang terbuka mengeras dan apa yang disembunyikan oleh transparansi akan tetap lunak. Anda dapat mencuci substrat lembut dan menghasilkan gambar di layar. Sekarang Anda menempatkan layar di atas kaos. Tinta kemudian akan ditekan melalui pembukaan di substrat yang sulit dengan menggunakan alat pembersih yg terbuat dr karet. Investasi minimal dalam peralatan. Anda dapat menggunakan kembali layar dengan mencucinya dan kemudian melapis ulang mereka dengan lebih banyak substrat untuk membakar gambar lain.

Perpindahan panas

Untuk menghindari masalah warna-warna yang saling bertentangan, jenis pencetakan t-shirt ini dilakukan pada kaos putih. Anda dapat menempatkan transfer pada kaos warna apa pun jika Anda ingin tetapi kaos putih adalah yang terbaik. Ini adalah metode pencetakan cepat karena Anda menggunakan desain transfer pra-dibuat. Anda hanya memanaskan transfer dan menerapkannya ke kaos. Anda dapat melakukan ini di rumah menggunakan papan setrika dan setrika, tetapi jika Anda membuat sejumlah besar kaos terdapat peralatan khusus yang dapat Anda beli. Meskipun ini adalah opsi cepat yang mudah, itu tidak tahan lama. Transfer dari waktu ke waktu cenderung retak, yang sering menyebabkan degradasi gambar atau memudar.

Sublimasi

Dari semua opsi pencetakan t-shirt, ini adalah metode yang paling tahan lama dan tercepat. Sayangnya, itu bisa mahal dan merupakan proses yang terbatas. Pencetakan ini biasanya dilakukan pada bahan akrilik dan sintetis seperti nilon. Tinta yang digunakan dalam pencetakan dipanaskan sedemikian rupa sehingga berubah menjadi gas. Kemudian ditransfer ke kain. Ketika Anda menggunakan proses ini akan membutuhkan elemen pemanas, substrat, dan tinta khusus yang meningkatkan biaya garmen.

Write your comment Here